Empat Tanda Makanan Beku Kamu Harus Dibuang

Sebagai manusia yang selalu ingin praktis segala hal, kita pasti memiliki sebuah lemari es di rumah untuk tempat menyimpan makanan. Dengan adanya lemari es, kita dapat hidup praktis dengan menyimpan makanan sampai berhari-hari, bahkan mungkin berbulan-bulan untuk makanan kaleng. Memang makanan beku aman untuk kita konsumsi, akan tetapi ada saatnya makanan tersebut ketika dimasak rasanya berkurang dan menjadi tidak seenak saat masih segar.

Meskipun kita simpan di lemari es dengan cara dan suhu yang tepat, kadang ada saja makanan yang sudah tidak bisa lagi dikonsumsi atau rasanya sudah berubah. Berikut ini tanda makanan beku yang kamu simpan di lemari es sudah tidak layak untuk dimakan:

Berubah Warnanya
Makanan dengan jenis daging sapi, kambing, ayam atau ikan yang sudah terpapar oksigen akan berubah warnanya. Daging tersebut akan berubah warna dan memiliki bagian kering berwarna abu-abu atau coklat. Ini menandakan bahwa daging tersebut sudah tidak lagi menyimpan cita rasa.

Perubahan Tekstur
Meski aman untuk dikonsumsi, sebaiknya jangan memasak sayuran yang kamu simpan terlalu lama dan teksturnya sudah berubah. Hal yang dimaksud adalah yang tadinya renyah dan memiliki tekstur jelas kemudian menjadi layu. Lagi pula, sayuran tersebut pasti sudah tidak enak untuk kamu santap.

Aromanya Aneh
Indra penciuman manusia memang luar biasa. Hanya dari aroma saja kamu pasti bisa menandakan bahwa makanan tersebut masih layak makan atau tidak. Jika makanan yang ada di lemari es kamu sudah terlalu lama, aromanya menjadi aneh dan tidak lagi segar, sebaiknya kamu tidak usah memakan makanan tersebut.

Lupa Kapan Menyimpannya
Urungkan niatmu untuk memakan sesuatu yang kamu lupa kapan menyimpannya di lemari es. Tidak usah buang-buang waktu untuk coba memasaknya. Karena kemungkinan besar makanan tersebut sudah terlalu lama dibekukan.

Itu tadi sedikit tips untuk kamu yang senang menyimpan makanan beku di lemari es. Ingat, berobat karena keracunan makanan lebih mahal daripada kamu menyiapkan atau membeli makanan yang lebih segar. Jangan menyimpan makanan beku terlalu lama di kulkas demi kesehatanmu.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *