Cara Mencegah Makan Berlebihan

Salah satu penyebab utama berat badan tidak turun bahkan terus bertambah adalah kebiasaan makan banyak tanpa terkendali. Penyebabnya adalah seringkali kita sudah mengasup kalori banyak pada tubuh tapi perut masih terasa lapar atau mulut masih ingin mengunyah makanan.

Berikut ada beberpa tips untuk menghentikan makan tanpa sadar yang mungkin sering kita lakukan, diambil dari kompascom:

1. Rasa Lapar Palsu
Sering kali rasa lapar menghinggapi kita setiap saat, akhirnya merasa ingin makan terus menerus dan malah makan dengan porsi yang berlebihan. Padahal sebenarnya bisa saja rasa lapar yang muncul itu hanyalah lapar mata atau sering disebut dengan false hunger.

False Hunger ini sering datang ketika mood kita sedang dalam kondisi yang kurang baik. Bisa sedang bosan, marah, atau sedih. Jadi, otak kita akan menjadikan makanan sebagai pelarian untuk memperbaiki mood. Akhirnya kita akan makan secara berlebih dan berat badan ideal yang diimpikan hanyalah sebatas mimpi.

Untuk mengatasi hal ini, buatlah sebuah catatan kapan kamu mulai terasa lapar dan makan dengan porsi yang kurang normal alias banyak, tulis juga apa yang dirasakan mood kamu saat itu. Apakah itu sedih, stres, atau merasa tertekan. Dengan begitu kita bisa mengatasinya di kemudian hari.

2. Makan Perlahan-lahan
Saat lapar datang, tanpa sadar kita sering makan dengan lahap dan cepat. Tanpa kamu sadari, kebiasaan makan dengan cara seperti ini akan membuat porsi makan menjadi berlipat-lipat.

Perut kita membutuhkan waktu sekitar 12 sampai 20 menit untuk memberi tanda pada otak apakah sudah penuh atau belum. Sedangkan jika kita terus mengisi perut dengan makanan, perut akan merasa bingung kapan ia harus mengirimkan sinyal tanda kenyang pada otak. Akhirnya rasa lapar akan terus datang pada kamu.

3. Jangan melewati waktu makan
Banyak sekali orang yang menghindari waktu makan dengan tujuan tidak mengonsumsi makanan secara berlebih. Bila ini dilakukan terlalu sering, yang terjadi justru sebaliknya, nafsu makanmu akan meningkat saat bertemu waktu makan berikutnya. Kamu akan sulit untuk menahan rasa ingin makan banyak. Bisa dibilang tubuh atau instingmu ingin balas dendam karena sebelumnya tidak makan.

Sebuah penelitian dari British Journal of Nutrition mengungkapkan, orang yang makan 3 kali sehari memiliki kepuasan terhadap makanannya dan rasa kenyangnya bisa bertahan 24 jam dibanding orang yang hanya makan 2 kali sehari, rasa kenyangnya hanya bertahan beberapa jam saja.

Empat Tanda Makanan Beku Kamu Harus Dibuang

Sebagai manusia yang selalu ingin praktis segala hal, kita pasti memiliki sebuah lemari es di rumah untuk tempat menyimpan makanan. Dengan adanya lemari es, kita dapat hidup praktis dengan menyimpan makanan sampai berhari-hari, bahkan mungkin berbulan-bulan untuk makanan kaleng. Memang makanan beku aman untuk kita konsumsi, akan tetapi ada saatnya makanan tersebut ketika dimasak rasanya berkurang dan menjadi tidak seenak saat masih segar.

Meskipun kita simpan di lemari es dengan cara dan suhu yang tepat, kadang ada saja makanan yang sudah tidak bisa lagi dikonsumsi atau rasanya sudah berubah. Berikut ini tanda makanan beku yang kamu simpan di lemari es sudah tidak layak untuk dimakan:

Berubah Warnanya
Makanan dengan jenis daging sapi, kambing, ayam atau ikan yang sudah terpapar oksigen akan berubah warnanya. Daging tersebut akan berubah warna dan memiliki bagian kering berwarna abu-abu atau coklat. Ini menandakan bahwa daging tersebut sudah tidak lagi menyimpan cita rasa.

Perubahan Tekstur
Meski aman untuk dikonsumsi, sebaiknya jangan memasak sayuran yang kamu simpan terlalu lama dan teksturnya sudah berubah. Hal yang dimaksud adalah yang tadinya renyah dan memiliki tekstur jelas kemudian menjadi layu. Lagi pula, sayuran tersebut pasti sudah tidak enak untuk kamu santap.

Aromanya Aneh
Indra penciuman manusia memang luar biasa. Hanya dari aroma saja kamu pasti bisa menandakan bahwa makanan tersebut masih layak makan atau tidak. Jika makanan yang ada di lemari es kamu sudah terlalu lama, aromanya menjadi aneh dan tidak lagi segar, sebaiknya kamu tidak usah memakan makanan tersebut.

Lupa Kapan Menyimpannya
Urungkan niatmu untuk memakan sesuatu yang kamu lupa kapan menyimpannya di lemari es. Tidak usah buang-buang waktu untuk coba memasaknya. Karena kemungkinan besar makanan tersebut sudah terlalu lama dibekukan.

Itu tadi sedikit tips untuk kamu yang senang menyimpan makanan beku di lemari es. Ingat, berobat karena keracunan makanan lebih mahal daripada kamu menyiapkan atau membeli makanan yang lebih segar. Jangan menyimpan makanan beku terlalu lama di kulkas demi kesehatanmu.